Redaksi
Oktober 05, 2023, Oktober 05, 2023 WIB
Last Updated 2023-10-05T10:50:17Z
Jum'at BelondongJum'at SalamLalu Gita AriadiPJ Gubernur NTBPolitik

Kenalkan Jum'at Salam dan Jum'at Belondong, Program Anyar PJ Gubernur NTB

PJ Gubernur NTB H. Lalu Gita Ariadi

Garis Merah- Hampir tiga pekan sejak dilantik Penjabat Gubernur NTB H. Lalu Gita belum meluncurkan program pembangunan. 


Namun pada acara pelantikan PJ Sekda NTB di Gedung Sangkareang, Kamis (5/10) Lalu Gita menyampaikan dua program yang akan segera di launching. 


Dua program tersebut adalah program Jum'at Salam yakni program turun ke desa desa menemui warga untuk mendengarkan persoalan sekaligus memecahkan masalah yang terdapat di desa. 


Bedanya dengan program Zul-Rohmi menyapa, program salam ini ditugaskan kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang turun langsung ke desa desa. 


"Jadi dulu ada program Bang Zul-Rohmi menyapa sekarang kita program Jum'at salam, kepala dinas harus turun ke desa tanpa ikut PJ Gubernur, semua kepala dinas harus mencari persoalan di desa dan memecahkannya," ujar Lalu Gita. 


Program kedua adalah Jum'at Belondong. Belondong merupakan bahasa Sasak sebutan untuk sarung. Jadi pada hari Jum'at kepala OPD diwajibkan menggunakan kain sarung. 


Uniknya kain sarung yang ditentukan juga bukan produk pabrikasi melainkan kain sarung produk lokal. 


"jadi tidak boleh kain sarung wadimor, mangga, gajah duduk dan sejenisnya, harus sarung produk lokal, ini juga sebagai upaya untuk menghidupkan produk lokal," kata Gita. 


Program ini kata Gita akan segera diluncurkan. Para pejabat yang tidak mengikuti program ini akan di evaluasi kinerjanya.(GM1)