Redaksi
Maret 09, 2024, Maret 09, 2024 WIB
Last Updated 2024-03-09T04:27:57Z
KPU NTBM. KhuwailidPemilu 2024PolitikSanding Data Pemilu

Proses Sanding Data Kabupaten Lombok Barat Ditemukan C Hasil di Tipe X

Rapat pleno penetapan perolehan suara yang digelar di Lombok Garden

Garis Merah- Proses sanding data untuk 78 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat yang berlangsung sejak hari Kamis (7/3) masih terus berlangsung hingga hari ini.


Dalam proses sanding data ini ditemukan adanya C hasil yang di tipe x. Temuan ini disampaikan oleh Ketua KPU NTB M. Khuwailid kepada media ini usa rapat pleno.


Khuwailid mengatakan dari laporan sementara ditemukan adanya C hasil di tipe x. Namun Khuwailid belum bisa memastikan apakahC hasil yang di tipe x adalah indikasi pelanggaran atau tidak.


Lebih lanjut Khuwailid menerangkan petugas dapat melakukan perubahan pada C hasil apabila bersifat perbaikan.


"Tipe x bisa dilakukan bila salah menghitung atau salah tulis sifatnya adalah perbaikan, bisa saja salah hitung jadi di perbaiki," kata Khuwailid 


Khuwailid melanjutkan apabila ada kejiadian men tipe x C hasil maka petugas harus mencatat sebagai kejadian khusus.


"Sesuai pasal 66 PKPU itu (tipe x form c hasil) harus dicatat sebagai kejadian khusus, petugas harus melampirkannya karena itu sesuatu yang penting," kata mantan Ketua Bawaslu NTB ini.


Khuwailid juga tidak ingin berandai andai temuan C hasil yang di tipe x sebagai sebuah pelanggaran. Ia menegaskan pihaknya belum menerima sepenuhnya hasil sanding data dari KPU Kabupaten Lombok Barat.


"Karena belum selesai jadi kita belum bisa meyimpulkan, proses sanding data masih berjalan kita tunggu laporan dari KPU Lombok Barat nanti," ujar Khuwailid.


Proses sanding data di 78 TPS di Kecamatan Sekotong Lombok Barat dilakukan setelah adanya keberatan dari Partai Gerindra yang merasa di curangi.


KPU NTB menetapkan proses sanding data dilakukan meski dalam rapat pleno saksi dari Partai Golkar.(GM1)